Translate

Android Runtime Environment: Blackberry Sediakan Taman Bermain Untuk Aplikasi Android

Aplikasi Android Pada Blackberry
Aplikasi Android pada Blackberry
| Tekno Klinik | Langkah Blackberry untuk meninggalkan metode lama yang menurut sebagian developer software sistem operasinya masih terlalu kaku, dianggap tepat sejak kehadiran sistem operasi (OS) yang diusung oleh Blackberry playbook. Blackberry OS yang berbasis pada bahasa pemrograman c++ tersebut kini hanya sampai pada angka Blackberry OS 7.1, kemudian mereka beralih ke QNX yang masih satu keluarga Unix-like sama dengan Android untuk OS pada Blackberry playbook serta piranti Blackberry generasi berikutnya (Blackberry 10).
Berdasarkan kesamaan keluarga Unix-like antara Blackberry Tablet OS (playbook) maupun Blackberry 10 dengan Android tersebut, akhirnya membuka peluang aplikasi Android untuk bisa digunakan juga pada piranti Blackberry.

Sebuah proyek bertajuk Runtime for Android apps pun diusung oleh tim developer Blackberry, berbekal Android Runtime Environment yang mereka bangun sebagai kendaraan untuk menjalankan berbagai aplikasi Android. Memang tidak semua aplikasi Android bisa dijalankan dengan runtime ini, saat ini hanya aplikasi yang mendukung Android 2.3.3 saja. Untuk menggunakan runtime ini, Anda harus terlebih dahulu repackage file aplikasi Android (APK) ke format file BAR, yang merupakan format file kompatibel diperlukan bagi sebuah aplikasi untuk berjalan di BlackBerry Tablet OS dan BlackBerry 10. Tapi jangan khawatir, Blackberry sudah menyiapkan software yang diperlukan untuk repackage dan lain-lain agar aplikasi Android bisa digunakan. Mereka menyediakan software tersebut di situs resmi Blackberry.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek mereka ini, silakan kunjungi http://developer.blackberry.com/android/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar