Translate

Windows Phone API: Umpan Dari Windows Phone Untuk Memikat Pengembang Aplikasi iPhone

Windows Phone API
Porting iPhone Apps untuk Windows Phone

| Tekno Klinik | Windows Phone mengakui produk mereka terlambat di persaingan pasar gadget, tapi tampaknya mereka sudah mempersiapkan beberapa strategi untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Sebut saja salah satu proyek mereka Windows Phone API ini, dimana Windows Phone secara tidak langsung berusaha mengajak para pengembang aplikasi iPhone supaya melakukan porting aplikasi mereka untuk Windows Phone. Bagaimana mekanisme dasar API tersebut?

Aplikasi iPhone dibangun dari bahasa pemrograman C, C++, dan Objective-C (umumnya Objective-C). Sedangkan Windows Phone hanya mendukung pengembangan menggunakan Silverlight, dengan bahasa pemrograman C#, bukan C ataupun C++. Hal ini tentu cukup menjadi masalah bagi para pengembang yang terbiasa dengan C dan C++, yang mana ternyata tak kompatibel dengan Windows Phone. Windows Phone API ini bertujuan membantu mereka yang telah membangun aplikasi iPhone, pada dasarnya adalah menerjemahkan kode pemrograman aplikasi iPhone mereka sehingga sesuai dengan bahasa pemrograman aplikasi Windows Phone. Cara kerjanya semacam thesaurus, membandingkan baris kode pemrograman aplikasi iPhone dengan makna yang sama untuk diterapkan pada platform Windows Phone.

Proses porting ini tentunya menguntungkan bagi pihak pengembang aplikasi iPhone, karena mereka tak perlu menulis kode pemrograman dari awal lagi dalam membangun aplikasi untuk Windows Phone. Pengembang pun pada akhirnya merasa seperti difasilitasi agar bisa berjualan aplikasi mereka di dua pasar yang besar. Sungguh, ini sebuah angin segar dari Windows Phone yang tak bisa dilewatkan oleh para pengembang aplikasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai proyek ini, silakan kunjungi http://windowsphone.interoperabilitybridges.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar