Translate

Persiapan Komponen Dasar Pada Ubuntu Untuk Membuat Aplikasi Android


| Tekno Klinik | Ingin membuat aplikasi Android anda sendiri? Yang anda perlukan adalah Android SDK. Namun sebelum komputer anda bisa menjalankan Android SDK, pastikan terlebih dahulu komponen utama yang diperlukan oleh Android SDK ini sudah terinstal pada Ubuntu.





Tahap ke-1: OpenJDK
Buka Ubuntu Software Center, dan cari "openjdk".


Anda mungkin tidak langsung melihat hasil pencarian yang benar. Klik "Show ... technical items" link di sudut kiri bawah. Lalu, Anda dapat memilih OpenJDK Development Kit (JDK). Saya menggunakan versi OpenJDK-6-jdk.


Klik tombol "Install". Sistem akan meminta password root anda. Tunggu instalasi OpenJDK-6-jdk selesai.


Instalasi selesai, kini anda siap menempuh tahap ke-2.


Tahap ke-2: Eclipse
Sebenarnya Eclipse bukan software satu-satunya yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android, setidaknya Eclipse memiliki kompatibilitas cukup lengkap dari tim Android dan mungkin yang paling mudah bagi mereka yang baru memulai belajar pemrograman Android.

Masih dengan Ubuntu Software Center, cari "eclipse".


Klik tombol "Install", ikuti proses seperti biasa sampai selesai.


Instalasi selesai, jika versi Ubuntu anda adalah 32-bit maka proses persiapan ini selesai dan Android SDK siap untuk diinstal. Tapi jika Ubuntu anda adalah 64-bit, maka lanjut tahap ke-3 berikut ini.

Tahap ke-3 (opsional): ia32-libs
Jika sistem anda adalah 64-bit, maka anda harus menginstal ia32-libs. Sebuah komponen yang diperlukan untuk menjalankan beberapa aplikasi 32-bit.

Seperti langkah sebelumnya, gunakan Ubuntu Software Center untuk mencari "ia32-libs" lalu klik tombol "Install".


Setelah semua komponen tersebut di atas selesai dipasang, kini komputer anda benar-benar siap untuk menginstal Android SDK. Ada baiknya anda belajar pemrograman menggunakan Eclipse terlebih dahulu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar